Program Keahlian Pemasaran merupakan program keahlian yang mempelajari kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing yang memiliki kemampuan persuasif dalam memasarkan produk baik secara konvensional (bisnis offline) maupun melalui media daring (bisnis online). Kurikulum program keahlian Pemasaran mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.

Pembelajaran Program Keahlian Pemasaran Menggunakan kurikulum merdeka dengan Capaian pembelajaran pada Fase E untuk kelas X dan Fase F untuk kelas XI dan XII

 

Pada fase E. Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran di kelas X untuk membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills yang meliputi:

Memahami proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industry, Perkembangan teknologi dan isu-isu terkini terkait dunia pemasaran, Profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran, Prosedur K3 dan mempertahankan standar penampilan pribadi, Pola komunikasi dengan pelanggan, Dasar-dasar dalam pemasaran barang dan jasa dengan mengobservasi pasar dan   mengidentifikasi segmenting, targeting, dan positioning (stp marketing) pada ritel modern  maupun tradisional, baik online maupun offline, Pola pelayanan pelanggan, berdasarkan prinsip pelayanan prima dengan penuh percaya diri, Perilaku konsumen dan Kepuasan pelanggan.

 

Pada fase F. Mata Pelajaran Bisnis Digital pada kelas XI dan XII memuat kompetensi-kompetensi yang digunakan untuk berkarir di dunia industri saat ini, baik bekerja pada pihak lain, berwirausaha secara mandiri, maupun sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Untuk mendukung karir tersebut peserta didik pada Fase F harus kompeten dalam bidang Ekonomi bisnis dan administrasi umum, Marketing, Perencanaan bisnis, Komunikasi bisnis, Digital branding, Digital onboarding, Digital marketing, dan Digital operation.

Tujuan Program Keahlian Pemasaran mencetak lulusan yang :

a. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam bidang Kasir, Pramuniaga, Operasional pemasaran barang dan jasa.

b. Mampu mengembangkan jiwa entrepreneur yang professional dan kompetitif

 

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi  keahlian pada jenjang SMK seperti : kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, dan sejenisnya, serta peluang usaha di bidang pemasaran, seperti dropshipping, drop servicing, affiliate marketing, marketing agency, content creator, dan sejenisnya

PRESTASI

1.  Juara 2 lomba LKS (Digital Maketing) Tingkat Kabupaten tahun 2021

2.  Juara 1 lomba LKS (Digital Maketing) Tingkat Kabupaten tahun 2022

3.  Juara 2 lomba LKS (Digital Maketing) Tingkat Provinsi tahun 2022

4. Juara 3 lomba LKS (Digital Maketing) Tingkat Kabupaten tahun 2023